Saturday, January 6, 2018

Keindahan Kampung diatas Awan

KAMPUNG DIATAS AWAN
WAE REBO


Wae Rebo adalah salah satu objek wisata Budaya yang berada diDesa Denge Satarmese Manggarai Flores NTT. Kampung ini memiliki tujuh Rumah adat atau Gendang dalam bahasa lokal,dan terdapat satu Rumah adat yang merupakan Rumah pusat untuk kegiatan acara adat dan kegiatan lainnya. Secara Geografis kampung ini terletak 1.200  meter diatas permukaan laut(mdpl).
Pada Tahun 2012 Mbaru Niang atau Gendang mendapat penghargaan dari UNESCO sebagai salah satu warisan Budaya dunia yang harus dipelihara serta dilestaikan dengan baik.Untuk menuju Kampung ini dapat ditempuh mengunakan kendaraan roda dua dan empat jika Anda memulai perjalanan dari Kota Ruteng(Ibukota Kabupaten Manggarai) kurang lebih ditempuh dengan waktu 3-4 Jam. Kemudian setelah sampai diDesa Denge Anda dapat memulai perjalanan trekking ditempuh kurang lebih 3 jam perjalanan.Untuk sekarang para wisatawan bisa memulai Trekking dari Pos satu karena pemerintah daerah sudah membuatkan ASpal guna untuk mempermudah wisatawan dalam hal Trekking keDesa Wae Rebo.
Sebelum Anda memasuki desa Wae Rebo terdapat sebuah pondok yang merupaksn tempat informasi yang berisi tata cara memasuki desa tersebut.Jadi,sebelum memasuki desa ini setiap Wisatawan diwajibkan untuk membunyikan alat yang sudah disiapkan oleh warga Desa Wae Rebo dengan digoyangkangan atau pepar dalam bahasa Lokal.Fungsi dari membunyikan alat ini adalah agar masyarakat Desa Wae Rebo mengetahui bahwa akan ada kedatangan tamu dan mereka bisa mempersiapkan diri untuk menerima Tamu.
Untuk  memasuki tempat ini sebenarnya Wisatawan tidak dipungut biaya masuk atau Entrance Fee akan tetapi biaya yang dikeluarkan Wisatawan berupa biaya donasi dan  itu tidak ditentukan.Ketika Anda ingin menginap didesa ini Wisatawan harus membayar kurang lebih 350k IDR/orang atau dan tidak menginap 200k/orang(all in includ).
Untuk Kalian yang belum mengunjungi tempat ini Saya sarankan untuk segera tentukan rencana untuk datang dan melihat sendiri Keindahan dari Desa diatas Awan ini dan Saya yakin Anda tidak akan menyesal untuk ini.
Untuk informasi lebih lengkap tempat ini dapat menghubi Contact person saya :
https://www.facebook.com/vicky.tasmaran.1
vickytasmara1297@gmail.com
+62 81236976278 via What's up


Terima Kasih

WRITTEN BY Vicky Tasmaran


No comments:

Post a Comment