Sunday, January 7, 2018

SAWAH LABA - LABA

LINGKO CARA


dokumentary 
by Vicky Tasmaran




Lingko Cara merupakan salah satu Objek wisata Alam yang berupa area persawahan yang berbentuk sarang laba - laba. Asal usul nama Lingko cara sendiri  yaitu Lingko yang berarti area persawahan dan Cara merupakan nama dari Kampung tempat persawahan ini berada.
Pasti Anda berpikir kenapa Masyarakat disana membuat sawah yang bentuknya menyerupai Laba - laba?
Nah..Pada kesempatan ini Saya akan menjelaskan sedikit mengenai asal muasal dibuatnya Sawah berbentuk laba - laba ini. Jadi pada Adat dan kebudayaan Masyarakat Manggarai kita meyakini dua hal yaitu Mbaru bate  kaeng dan uma bate duat(Rumah untuk menetap atau tempat tinggal dan kebun untuk bercocok tanam/berkebun)  jadi area perawahan itu dibuat berdasarkan bentuk dari atap rumah yang memiliki bentuk kerucut dan terdapat sebuah titik pusat.Jadi itu sedikit asal muasal dibuatnya persawahan yang berbentuk laba - laba ini.
Jarak dari kota Ruteng 28 kilometer atau ditempuh kurang lebih dengan waktu 30 - 45 menit.Untuk melihat kemegahan dan keindahan serta panorama yang indah dari Lingko cara ini Wisatawan cukup membayar uang Entrance fee 20k IDR/orang.
Setelah sampai ditempat ini nanti kita diarahkan untuk melakukan sedikit Short Trek menuju bukit dimana kita bisa melihat keseluruhan dari keindahan sawah ini.
Itu tadi sedikit informasi mengenai objek wisata Lingoko Cara terima kasih telah membaca,dan jangan lupa jika ada pertanyaan silakan ditulis dikolom komentar atau menghubungi Saya pada 

+6281236976278 What's up
vickytasmara1297@gmail.com



WRITTEN BY VICKY TASMARAN

No comments:

Post a Comment